Review Film "Kimi no Na wa (2016)"

!!WARNING SPOILER!!


sumber : https://myanimelist.cdn-dena.com/images/anime/7/79999.jpg




Awalnya bingung kenapa kok Mitsuha (pemeran cewe di film ini) bangun tidur megangin oppai nya hahahahahahaaahahahhaaa terus berganti dengan adegan di sekolah Mitsuha. Teman-teman nya Mitsuha pada kebingungan kemarin Mitsuha kenapa kok beda dari biasanya, perilaku nya yang berbeda, bahkan sampai lupa nama. Saat di kelas pun, ia membuka buku catatannya dan menemukan tulisan 'siapa kamu?'

Di lain sisi, Taki (pemeran cowo di film ini) juga terbangun dengan kaget kenapa  bentuk tubuhnya seperti itu. Dari sinilah aku baru mengerti kalau mereka bertukar tubuh. Taki juga terkejut dia ada di Tokyo. Tidak. Itu bukan Taki, melainkan Mitsuha. Mereka sedang bertukar tubuh. Mitsuha yang selalu ingin meninggalkan kampungnya dan pergi ke Tokyo merasa sangat senang saat itu. Sampai-sampai ia tersesat mau pergi ke sekolah padahal ia sedang menjadi Taki. Teman-temannya Taki bertanya-tanya kenapa Taki bisa telat padahal biasanya tidak pernah. Saat teman-temannya mengajak ia ke cafe pun, Mitsuha (yang ada di tubuh Taki) pun sampai terkejut hahahaaaa. Taki pun ternyata punya pekerjaan sambilan. Di tempat kerja pun Taki dibilang aneh hari itu karena tidak seperti biasanya. Mitsuha yang sedang berada di tubuhnya Taki meyakinkan dirinya sendiri kalau itu hanyalah mimpi.




Setelah lama kelamaan sering bertukar tubuh, akhirnya mereka tau kalau ternyata itu bukanlah mimpi, melainkan kenyataan. Sejak itu, mereka saling menulis perjanjian di hp mereka masing-masing, agenda pun mereka tulis.

Berbagai kejadian mereka alami saat bertukar tubuh. Bahkan Mitsuha membuat Taki dekat dengan senpai nya di tempat kerja. Taki membuat Mitsuha menjadi tomboy, bahkan suka duduk ngangkang hahahahaha

Tibalah saat dimana Taki dan senpai nya kencan. Mitsuha lah yang merencanakannya. Taki yang tidak tau apa-apa melihat pesan dari Okuderai-senpai dan bangun terbirit-birit untuk sampai ke tempat kencan nya yang dia bahkan tidak tau apa-apa mengenai itu kalau bukan karena pesan yang Mitsuha tulis di hp nya Taki. Sebelumnya saat Taki menjadi Mitsuha, dia pergi ke suatu tempat yang merupakan tempat tubuh dewa, dimana dunia alam sana, untuk memberikan persembahan untuk dewa disebut dengan Kuchikamizake (separuh jiwa nya) dan neneknya berkata 'Mitsuha, kau sedang bermimpi ya?' Kemudian ia bangun dengan air mata megalir entah mengapa.

Di saat yang bersamaan, Mitsuha bangun dan berkaca, saat itu ia meneteskan air mata sama seperti Taki. Di hari itu, malamnya, merupakan malam dimana komet akan melintasi bumi bersamaan dengan festival musim gugur. Mitsuha pergi ke festival itu bersama sahabatnya, Tessie dan Sayaka. Seolah-olah sehabisa putus cinta, Mitsuha memotong rambutnya hingga pendek sekali. Hari itu, semua orang melihat kometnya melintas.

Setelah hari itu, Taki dan Mitsuha tidak pernah bertukar tubuh lagi. Bahkan, Taki selalu tidak bisa menghubungi nomor Mitsuha. Karena penasaran, Taki kemudian memutuskan untuk mencari Mitsuha di kampungnya. Teman-temannya yang khawatir akan Taki mengikuti ia pergi ke tempat Mitsuha, senpai nya pun ikut. Hal yang benar-benar tidak masuk akal bagi temannya Taki dan senpai nya adalah bahwa Taki tidak tau tempatnya dimana. Ia mencari tepat itu hanya berdasarkan gambar yang ia buat berdasarkan ingatannya. Seharian mencari, ia pun menyerah. Saat sedang makan di sebuah kios, pemilik kios tersebut melihat gambar tersebut dan mengenali daerah itu. Daerah itu bernama Itomori. Mereka semua kaget dan baru tersadar kalau Itomori adalah tempat dimana komet jatuh 3 tahun yang lalu yang menyebakan sekitar 500an orang meninggal. Tak habisa pikir, mereka langsung mengunjungi tempat itu. Semuanya sudah hancur.
Benar-benar tidak masuk akal. Ia ingat tentang memo yang ditulis Mitsuha tapi saat ia melihat memo nya tiba-tiba terhapus sendiri.Dan ia ingat sekolah Mitsuha yang saat itu tidak hancur.

Disini aku benar-benar....'aahhhh apaan niihh????' Aku yang nonton 'tercengang' banget.

Taki, temannya, dan senpai nya mencari-cari data tentang kejadian tersebut sampai mencari data nama-nama yang meninggal. Disitu ia menemukan nama Tessie dan Sayaka. Ia kaget. Kemudian yang membuatnya lebih kaget lagi adalah ia menemukan nama Mitsuha. Teman dan senpai nya berkata mungkin Taki salah ingat tetapi disangkal oleh Taki. Padahal Taki jelas-jelas ingat Mitsuha bilang kalau komet nya akan terlihat 2 atau 3 minggu lalu.
Taki terus menggali informasi dari buku-buku. Dia ingat tempat dimana memberikan persembahan kepada dewa.
Taki tempat itu. Ia meminum sake persembahan Mitsuha yang merupakan setengah jiwa Mitsuha. Kemudian ia terbangun di tubuhnya Mitsuha. Ia berusaha memperingatkan orang-orang akan berita jatuhnya komet di Itomori dibantu oleh sahabatnya, Tessie dan Sayaka. ia juga berusaha membujuk ayahnya Mitsuha yang merupakan walikota disitu. Bahkan ia, Tessie, dan Sayaka membuat rencana meledakan bom agar listrik padam dan menyabotasi speaker pengumuman desa agar semuanya mengungsi ke sekolah mereka yang tidak terkena ledakan jatuhnya komet tersebut. Saat itu, Taki (yang berada di tubuhnya Mitsuha) pergi ke tempat persembahan dewa tersebut, siapa tau Mitsuha (yang berada ditubuhnya) ada di tempat tersebut.
Di tempat itu Mitsuha terbangun dan melihat desa nya sudah tidak ada. Di saat itu pula, Taki meneriaki nama Mitsuha. Akhirnya mereka bertemu tetapi di waktu yang berbeda. Mereka hanya bisa mendengar suara. Tetepi kemudian mereka dapat saling bertemu dan sudah bertukar tubuh kembali. Itu semua karena Taki meminum Kuchikamizake Mitsuha. Mereka berencana menulis nama mereka masing-masing di tangan tetapi Mitsuha tidak sempat menulis di tangan Taki. Aaahhh disininih ku hanya bisa menjambak kepala.


Usaha mereka agar warga mengungsi hampir sia-sia karena tidak digubris oleh warga dan pihak walikota mengetahui rencana mereka dan mereka ditangkap. Saat itu Taki berusaha mengingat nama Mitsuha tetapi lama kelamaan lupa. Begitupun dengan Mitsuha. Mitsuha beranjak dari tempat itu untuk pergi ke tempat ayahnya.

Kometnya benar-benar terbelah dan mau jatuh.

Saat itu semua orang melihat komet tersebut melintas. Komet itu juga banyak diberitakan. Disaat itupula Taki dari 3 tahun yang lalu melihat komet tersebut.

Lalu ada adegan komet jatuh di Itomori.

Jeng...jeng!!



5 tahun sudah berlalu. Taki sudah beranjak dewasa dan mencari kerja. Ia masih mengingat perasaan untuk mencari seseorang. Tetapi ia tidak ingat apa-apa. Taki entah kenapa penasaran dengan berita komet jatuh. Di berita tersebut, sebagian warga Itomori selamat karena ada pemberitahuan mendadak untuk mengungsi. Disiniiiii gue langsung.....'yaampun legaaaaaaaa mereka engga mati:''''

Di Tokyo berkelebat bayangan Mitsuha dan kunciran anyamannya. Sebenarnya berkali-kali Taki dan Mitsuha berpapasan. Bahkan Taki juga bertemu dengan Tessie dan Sayaka di suatu cafe tetapi mereka sama-sama tidak mengingatnya. Taki yang melihat penasaran. Ada saat ketika kereta mereka berseberangan, Taki dan Mitsuha bertemu pandang dan turun di stasiun yang sama. Taki mencari-cari di luar stasiun dan akhirnya ketemu dengan Mitsuha yang sudah dewasa. Mereka saling tidak mengenal. Perasaan itu masih ada. Taki berbalik dan memanggil Mitsuha. Mitsuhayang punya perasaan yang sama yang berpapasan dengan Taki saat itu tampak sedih dan ia berhenti saat Taki memanggil. Taki bilang rasanya mereka pernah bertemu. Begitupun Mitsuha bilang begitu.
Dan mereka sama-sama menanyakan 'siapa nama kamu?'

Anjasss ga tuhhh.....nih film bikin aku geregetan dah. Mereka pernah ketemu. Pernah bertukar tubuh. Mitsuha bisa hidup berkat Taki. Maygaattttttt tapi mereka sama sama engga inget apa-apa.

Rasakan sendiri dah sensasi filmnya. Bakalan lebih berasa sensasi nya kalau nonton sendiri:'''
Dan tau lah ya kualitas gambar dan film nya Makoto Shinkai gimana. Bagus dan 'menyesakkan' hati :'





Kimi no Na. (君の名は。atau Your Name.) adalah sebuah film animasi Jepang yang diproduksi tahun 2016 bertema fantasi remaja yang ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Film ini dibuat berdasarkan novel karya Makoto Shinkai dengan judul yang sama , yang dirilis pada 18 Juni 2016. Makoto Shinkai juga dikenal melalui anime movie sebelum-sebelumnya seperti 5 Centimeters Per Second (秒速5センチメートル Byousoku Go Senchimētoru), Children Who Chase Lost Voices (星を追う子ども Hoshi o Ou Kodomo), The Garden of Words (言の葉の庭 Kotonoha no Niwa), dan lainnya.

Film ini bercerita tentang seorang siswi SMA di desa Itomori bernama Mitsuha Miyamizu yang mulai bosan dengan kehidupan pendesaan dan berharap dapat terlahir menjadi pemuda tampan yang hidup di Tokyo pada kehidupan selanjutnya . Kemudian, Taki Tachibana, seorang siswa SMA di Tokyo, terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa dirinya adalah Mitsuha, yang entah bagaimana bisa masuk ke dalam tubuh Taki. Mereka saling bertukar tubuh dan kenyataan yang sangat tidak terduga menunggu mereka.


Sekian dari aku. Maaf kalau review nya jelek karena jujur bingung mau pakai bahasa baku atau bahasa sehari-hari. Hahahahahaha


Selamat menonton dan tercengang akan fakta yang membingungkan~

Komentar